Maaf, Blog ini masih dalam perbaikan
Breaking News
Loading...
Jumat, 16 Agustus 2013

Kelebihan dan Kekurangan Rooting Android

03.12
Rooting Android adalah memberikan hak akses sepenuhnya secara mutlak kepada pemilik/pengguna android. Dengan Root ini sobat bisa dibilang developer dari ponsel sobat. Akan tetapi, dengan root ini terdapat kekurangan dan juga kelebihan-kelebihan yang ditawarkan.

Tapi, mengapa pengembang android tidak memberikan akses root ini sejak awal?
tidak dipungkiri, para pengembang sistem android ini tidak memberikan hak akses ini karena dikhawatirkan jika sobat melakukan proses root secara sengaja atau tidak sengaja dapat mengganggu kestabilan ponsel sobat. Sehingga dapat menimbulkan masalah-masalah yang lebih besar lagi seperti brick.

Tapi sobat tak perlu khawatir, asalkan sobat tdak berlebihan dalam mengutak-atik ponsel sobat hal ini baik-baik saja. Ponsel saya (Galaxy Mini GT-S5570) juga saya root, tetapi selama ini masih baik-baik saja itupun masalah terburuk yang saya alami hanya booloop.

Simak ulasan berikut ini secara cermat agar sobat dapat membandingkan segala kelebihan yang ditawarkan root ini dan juga kekurangan yang ditimbulkan.

# Kelebihan

1. Dapat support dengan banyak aplikasi
dengan root ini sobat dapat menggunakan lebih banyak aplikasi terutama tooldibandingkan dengan pengguna biasa. Beberapa aplikasi tersebut adalah:
- Link2SD >> dengan aplikasi ini dan tentu dengan hak akses root sobat dapat melakukan banyak hal seperti memindah aplikasi internal ke eksternal, memindahkan aplikasi internal/eksternal ke partisi sd card, mem-freeze aplikasi.
- Button Savior >> ini adalah aplikasi tombol virtual sebagai pengganti tombol fisik dan diperuntukkan bagi pengguna root.
- Seeder >> aplikasi untuk mengurangi lag pada ponsel sobat. Hanya kompatible dengan OS 4.0 keatas
- Chainfire 3D >> diperuntukkan bagi para gamer agar lebih lancar/mengurangi lag saat bermain game

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Dan Masih Banyak Lagi <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

2. Meningkatkan performa android
dengan hak akses root pada ponsel sobat, sobat dapat meningkatkan performa android sobat atau lebih dikenal dengan nama overclock. Hal ini dilakukan dengan cara menigkatkan kecepatan prosesor pada ponsel sobat. sisi buruknya pada overclock ini menguras lebih banyak konsumsi baterai

Pada perangkat android ICS ke atas dapat melakukan hal ini di pengaturan. Untuk pengguna Froyo dan GingerBread dapat dilakukan dengan men-download aplikasi di PlayStore dengan menggunakan kata kunci "overclock"

3. Uninstalling aplikasi bawaan
dengan root ini sobat dapat menghilangkan aplikasi system dengan ukuran yang besar. Sehingga dapat membuat space pada ponsel sobat lebih longgar. Perlu diperhatikan, saya merekomendasikan tidak mengunistall aplikasi system karena dapat membuat ponsel sobat terganggu.

4. Menginstall ROM
ROM? ROM adalah OS custom (tidak official), misalkan ponsel sobat ber-OS Froyo maka dengan mengistall ROM ini ponsel sobat dapat upgarde hingga JellyBean. Jadi, root ini adalah salah satu proses awal dari proses upgrade atau Custom ROM.

# Kekurangan

1. Menghanguskan garansi ponsel
mengapa? karena dengan root ini diibaratkan sobat telah membuka segel dari ponsel sobat. dan karena root ini telah melebihi batas yang telah ditetapkan oleh pengembang. Jadi jika sobat membawa ponsel sobat ke service center ada kemungkinan akan ditolak. tetapi tenang saja jika garansi sobat masih berlaku dan ponsel sobat rusak dan masih dalam keadaan root, sobat hanya tinggal unroot ponsel sobat.

2. Keamanan
banyak yang berpendapat jika melakukan proses root ini ponsel sobat akan rentan terhadap virus, entah itu malware atau trojan yang dapat merusak sistem atau mencuri data-data. Tetapi menurut saya hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap keamanan.

Apabila sobat menganggap ponsel sobat terjangkit virus akibat root, jangan terlalu cepat mungkin saja ponsel sobat terjangkit virus karena mengunduh aplikasi gelap (tidak resmi), ataupun akibat web browsing.
Menurut pengalaman saya, ponsel saya yang saya root masih dalam keadaan normal.

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer